4 Tips dan Pilihan Pinjaman Tanpa Riba, Mau?

pt solid gold

Mau cari pinjaman tanpa riba? Pinjaman ini tidak menerapkan sistem bunga sehingga Anda bisa lebih ringan mengembalikan pinjaman. Apa saja jenis pinjaman tanpa riba?

Memang sih, kebanyakan jenis pinjaman yang ditawarkan oleh berbagai lembaga keuangan saat ini menawarkan bunga. Bunga inilah yang disebut oleh sebagian orang sebagai riba.

Buat Anda yang menginginkan pinjaman tanpa riba, masih ada alternatifnya, kok. Jika Anda sedikit berusaha, cukup banyak tersedia pinjaman yang tidak mengenakan bunga atau riba. Hanya saja tentunya Anda perlu paham betul seperti apa prosedur dan jenis pinjamannya.

Sebelum Anda mengajukan pinjaman tanpa riba, tentunya Anda harus tahu dengan jelas detail dan persyaratannya terlebih dahulu. Dan sama halnya dengan pinjaman non syariah lain, Anda harus memiliki sejumlah pertimbangan sebelum akhirnya mengambil pinjaman syariah tanpa riba.

Ketahui apa saja pertimbangan pentingnya, seperti dikutip dari HaloMoney.co.id:

1. Ketahui nominal yang dibutuhkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengajukan pinjaman tanpa riba adalah mengetahui dulu besarnya dana yang Anda butuhkan.

Misalnya, Anda membutuhkan dana untuk belanja bulanan. Maka hitunglah kebutuhanmu dengan tepat dan kapan Anda akan mengembalikan pinjamannya. Hal ini akan meminimalisir risiko yang terjadi dan tentunya akan menghindarkan Anda dari jerat hutang, kan?

2. Membandingkan dengan opsi berbeda

Ada baiknya sebelum Anda mengajukan pinjaman tanpa riba dan sudah menjelajahi berbagai jenis dan produknya, Anda bandingkan terlebih dahulu. Manakah produk pinjaman tanpa riba yang cocok dengan kebutuhanmu saat ini? Anda juga bisa menelusuri keunggulan masing-masing.

Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi detailnya di HaloMoney lho, Moneysavers. Anda akan menemukan berbagai tips dan informasi serta perbandingan berbagai jenis produk keuangan.

3. Memahami dengan baik persyaratannya

Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya dalam proses pinjaman tanpa riba adalah mengetahui dan memahami dengan baik persyaratan produk pinjaman tanpa riba tersebut. Dengan mengetahui persyaratannya, maka Anda akan merasakan kesesuaian dan kemudahan dalam prosesnya juga.

4. Paham konsekuensi

Anda juga perlu paham konsekuensi dari produk pinjaman tanpa riba yang Anda pilih. Misalnya saja, ada syarat yang harus Anda penuhi seperti menggadaikan kendaraan pribadi sehingga Anda tidak bisa menjual kendaraanmu sebelum pinjamanmu lunas. Jangan sampai Anda baru tahu konsekuensinya setelah Anda mengajukan pinjaman sehingga Anda merasa rugi atau tidak nyaman.