6 Resolusi Keuangan yang Wajib Dimiliki Tahun 2018

pt solid gold

Sebagian dari kamu tentunya punya beberapa harapan dan target untuk dicapai di tahun baru. Minimal resolusi kali ini bisa terwujud dan bisa memperbarui apa yang telah dicapai sebelumnya.

Dikutip dari Swara Tunaiku, salah satu resolusi yang perlu kamu wujudkan adalah soal keuanganmu. Tahu sendiri kan, kalau urusan finansial ini cukup penting untuk dipikirkan pengelolaannya, karena ini mempengaruhi kesejahteraan hidupmu.

Kamu harus bisa mengelola keuangan agar hidupmu lebih aman dan terjamin. Masihkah kamu bingung menentukan resolusi keuangan untuk tahun depan? Kamu bisa simak beberapa tips yang bisa membantumu berikut ini!

1. Telaten mencatat setiap pengeluaran dan pemasukanmu

Sebagian orang masih sulit untuk membiasakan hal ini. Namun, kalau kamu enggak begini, keuanganmu bisa kacau, karena kamu tidak paham bagaimana uangmu bisa begitu cepat habisnya dan enggak mengerti detail uang yang kamu keluarkan di tiap-tiap pos. Kini sudah banyak aplikasi pencatat keuangan yang bisa kamu unduh di telepon pintarmu lho!

2. Membuat anggaran dan menaatinya

Kalau poin pertama bisa kamu lakukan, poin kali ini bakal lebih mudah melakoninya. Jika masih belum, keduanya bisa kamu lakukan bebarengan. Misalnya, kamu bisa membagi penghasilan ke beberapa pos keuangan, 40 persen kamu gunakan untuk biaya kebutuhan setiap bulan.

Kemudian 30 persen bisa kamu tabung atau membayar cicilan, 20 persennya lagi kamu pakai untuk rekreasi atau hiburan, dan yang terakhir 10 persen gajimu bisa untuk investasi. Pembagian anggaran tiap pos fleksibel, bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

3. Membayar semua tagihan tepat waktu

Sering telat membayar utang atau cicilan? Apabila iya, jadikan membayar tagihan tepat waktu sebagai resolusimu. Ini bukan kebiasaan baik untuk dilakukan terus lho. Selain itu, kamu harus membayar denda, riwayatmu sebagai debitur juga kurang baik. Bisa-bisa kamu jadi kesulitan mengajukan kredit lain.

4. Menyiapkan rencana penghematan

Kalau kamu ingin membiasakan diri menabung tahun depan, coba buat strategi agar kamu bisa membiasakan diri hidup hemat.

Misalnya, membawa bekal makan ke kantor, pulang pergi menggunakan transportasi umum, kurangi nongkrong di kafe, kurangi pemakaian listrik atau internet untuk hal yang enggak perlu. Kemudian sinergikan cara-cara tersebut dengan anggaran yang udah kamu buat.

5. Menyediakan sebuah rekening khusus untuk tabungan

Rekening untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk tabungan sebaiknya dipisahkan. Kalau masih digabung dalam satu rekening, tanpa sadar uang tabunganmu bisa habis untuk memenuhi kebutuhanmu.

6. Mendapatkan tambahan penghasilan

Kebutuhan makin banyak dan harga barang juga makin tinggi. Sudah selayaknya kamu berpikir untuk mencari penghasilan tambahan. Kini ada banyak cara yang memudahkanmu memperoleh pekerjaan sampingan demi keuangan yang lebih baik.

Kamu bisa menjadi freelancer di sebuah perusahaan/instansi, bisa juga membuka usaha online shopyang keuntungannya bisa cukup besar kalau kamu serius dan telaten.

Apakah kamu sudah mulai dapat pencerahan untuk resolusimu. Nah, poin-poin di atas bisa kamu sertakan dalam resolusimu. Semoga tips dan trik ini bisa memberimu gambaran ya!