Adakah Pinjaman untuk Mahasiswa? Ini Kiat dan Pilihannya

pt solid gold

Kebutuhan dana tak cuma milik seorang karyawan atau orang tua. Mahasiswa pun kadang membutuhkan dana untuk berbagai kebutuhan.  Adakan pinjaman uang tanpa jaminan untuk mahasiswa?

Di momen tertentu, mahasiswa membutuhkan dana tak terduga untuk suatu kebutuhan mendesak. Seperti biaya kuliah, biaya penelitian, hingga biaya skripsi. Kebutuhan dana ini tak hanya menguras tabungan tapi juga menguras pikiran.

Ada banyak situasi yang membuat mahasiswa membutuhkan dana dalam waktu cepat di luar kemampuan finansialnya saat itu. Saat itu pula para mahasiswa mencari pinjaman. Kenali situasi yang mendesak mahasiswa untuk mencari pinjaman berikut ini, seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id:

Bayar biaya kuliah

Kebutuhan ini sangat sering dialami oleh mahasiswa setiap semester. “Ada dananya tidak ya, untuk membayar biaya kuliah semester ini?”. Apalagi saat kondisi perekonomian keluarga sedang tidak stabil, ini tentu akan memicu kesulitan membayar biaya kuliah. Nah, fasilitas pinjam uang tanpa jaminan untuk mahasiswa dari berbagai bank bisa menjadi solusi finansial sepanjang cocok dengan profil keuanganmu.

Biaya skripsi, penelitian dan magang

Ketika sudah sampai di jenjang akhir masa kuliah, universitas maupun sekolah tinggi, akan ada persyaratan bagi mahasiswa untuk mengikuti program magang, atau program penelitian hingga pembuatan skripsi. Program ini tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit lho. Seba itu, biaya ini kadang menjadi faktor pendorong mahasiswa untuk mencari fasilitas pinjam uang tanpa jaminan untuk mahasiswa.

Biaya kursus dan sertifikasi

Selain biaya penelitian, ada pula biaya kursus tambahan dan sertifikasi. Sebagian program studi di universitas mensyaratkan hal tersebut untuk meningkatkan kompetensi dan skills mahasiswa. Biaya ini juga tidak sedikit lho bisa menguras dana tabungan.

Sepanjang kebutuhan tersebut merupakan biaya kuliah dan bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi Anda sebagai mahasiswa, bukan untuk kebutuhan konsumtif, tidak ada salahnya Anda mencari pinjaman tanpa jaminan dari berbagai bank. Jika Anda memiliki penghasilan rutin, misalnya dari bekerja part time, proses pinjamanmu akan lebih mudah disetujui oleh bank.

Tempat pinjam uang tanpa jaminan untuk mahasiswa

Saat ini ada banyak perusahaan dan institusi keuangan yang memberikan fasilitas pinjam uang tanpa jaminan untuk mahasiswa. Dimana saja Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk mahasiswa? Situasi seperti apa yang memicu mahasiswa membutuhkan pinjaman?

Seringnya situasi apa yang menimpa dan membuatmu mencari pinjaman? Kemudian, dimana Anda mencari pinjaman tanpa jaminan yang tepat biasanya? Berikut ini ada beberapa alternatif pilihan pinjam uang tanpa jaminan untuk mahasiswa yang bisa Anda pertimbangkan.

Pegadaian

Pinjaman di Pegadaian juga cocok untuk para mahasiswa. Cuma, fasilitas pinjaman di Pegadaian ini membutuhkan jaminan. Meskipun berjaminan, namun biasanya bisa dipenuhi. Seperti sertifikat kendaraan roda dua. Anda bisa mengagunkan sertifikat motormu untuk mendapatkan pinjaman dari Pegadaian.

Pinjaman Online

Pinjaman online saat ini cukup mudah didapatkan melalui aplikasi dan situs pinjaman. Namun Anda perlu berhati-hati, jangan sampai akhirnya Anda meminjam ke penyedia pinjaman yang tak ubahnya seperti rentenir online karena mengenakan biaya dan bunga tinggi. Sebaiknya Anda meminjam ke bank karena relatif lebih murah daripada pinjaman online yang tak berbasis perbankan.

Pinjaman online yang tersedia di pasar saat ini cukup banyak. Anda perlu membandingkan bunga dan biayanya lebih dahulu semua penyedia pinjaman tersebut sebelum memutuskan untuk mengajukan. Jangan sampai Anda asal meminjam sehingga terkena bunga dan biaya pinjaman yang sangat tinggi, layaknya rentenir online.