Belajar Sukses dari Deretan Orang Terkaya Dunia

pt solid gold

Fakta mengenai para miliuner di Amerika Serikat (AS) akan membuat Anda terkejut. Khususnya bagi orang yang tinggal di kota metropolitan dan dikelilingi oleh kelompok yang bergaya hidup konsumtif.

Survei menjelaskan bahwa 80% orang superkaya adalah pemilik bisnis generasi pertama yang mendapatkan kekayaan dari hasil usaha yang dimulainya dari titik nol.

Selain itu, biasanya mereka tinggal di sebuah kota sejak lama, tinggal di tengah masyarakat yang mungkin kekayaannya hanya 10% dari kekayaan yang ia miliki, dan sangat impulsif dalam menabung dan berinvestasi.

Nah berikut ini adalah fakta hidup orang kaya yang bisa Anda tiru:

1. Pengetahuan yang Luas

Mereka mengalokasikan waktu, tenaga, dan uang dengan sangat efisien dalam membangun kekayaan. Salah satunya investasi bidang pendidikan, baik formal maupun non formal. Mereka mengerti dengan pengelolaan keuangan, jadi ilmu tentang investasi dan financial planning jadi ilmu wajib untuk mereka.

2. Pola Hidup Sederhana

Mereka hidup dengan biaya hidup yang sangat jauh lebih rendah dari pendapatannya. Tetapi mereka percaya bahwa meningkatkan gaya hidup atau status sosial adalah hal yang tidak perlu. Biaya hidup mereka rata-rata hanya 7% dari kekayaan bersih mereka. Bila kekayaannya Rp 10 miliar/bulan, maka dalam 1 bulan pengeluaran mereka hanya Rp 50 juta.

3. Mobil Sederhana Cukup

Memakai mobil sederhana buatan dalam negeri. Mereka tidak membeli mobil mewah ataupun bahkan membeli mobil sport keluaran terbaru. Bahkan 75% dari mereka lebih memilih untuk membeli mobil bekas dibanding mobil baru. Dan rata- rata mereka ganti mobil setiap 8 tahun sekali.

Bagi mereka, mobil hanya sekadar kendaraan, bukan alat pamer atau penunjuk status sosial. Dari pada beli mobil mewah yang nilainya akan turun dengan cepat dan dengan pajak yang besar. Alangkah lebih baik uangnya mereka gunakan untuk investasi agar nilainya bertambah.

4. Memilih Pekerjaan yang Dicintai

Mereka lebih memilih bekerja pada pekerjaan yang memang benar-benar mereka cintai. Alasannya adalah jika mereka bekerja pada pekerjaan yang tidak mereka cintai atau bahkan tak mereka sukai, itu akan membuat pekerjaan mereka tidak lebih baik, dan terkesan berantakan karena mereka tidak menginginkan pekerjaan tersebut.

5. Membangun Kemandirian Finansial

Mereka percaya bahwa membangun kemandirian finansial jauh lebih penting dari pada sekedar mencari status sosial yang tinggi. Perlu disiplin, tekad dan pengorbanan yang kuat agar tak tergelincir ke arah yang salah. Memang tidak selalu orang yang banyak uang akan mengeluarkan semua uangnya.

Tetapi tidak sedikit orang dengan gaji pas-pasan mengeluarkan uang yang lebih dari penghasilannya. Berhemat dan hidup sederhana adalah salah satu jalan para miliuner mengejar kekayaan. Belum terlambat memulai untuk berinvestasi dari sekarang. Berapapun penghasilan kita, mari mulai disiplinkan investasi Anda dan atur konsumsi Anda.

Semoga bermanfaat.