Buat yang Bingung Atur Uang, Pakai Tips Hemat Ini Saja

pt solid gold

Bagi Anda yang sudah memiliki pemasukan ataupun belum, tentu saja menjadi keharusan untuk mengelola keuangan dengan baik. Apalagi saat ini kebutuhan dan tuntutan dalam hidup semakin tinggi. Karena itu, penting untuk berhemat dan menabung agar kondisi keuangan tetap stabil di kehidupan modern seperti saat ini.

Sayangnya, tidak semua orang paham tentang cara atur uang yang baik. Atur keuangan sebenarnya mudah saja dilakukan. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana atur uang yang baik, ada baiknya pakai tips hemat berikut ini.

1. Cermati Pengeluaran yang Ada Tiap Bulan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencermati pengeluaran yang ada tiap bulan. Mulailah dengan mengumpulkan struk, slip, dan tagihan dalam waktu satu bulan. Kemudian Anda hitung totalnya.

Dengan cara ini, Anda dapat memperkirakan berapa banyak pengeluaran yang dikeluarkan untuk bulan depan. Selain itu, Anda juga bisa memangkas beberapa pos-pos pengeluaran yang sekiranya berlebihan. Mudah, bukan?

2. Belanjalah Apa yang Jadi Kebutuhan Prioritas

Belanja bulanan adalah kegiatan wajib yang dilakukan untuk membeli barang-barang yang Anda butuhkan dalam satu bulan. Anda bisa mebuat anggaran belanja terlebih dahulu tentang barang-barang yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda dapat terhidnar dari membeli barang-barang yang kurang penting.

Selain itu, lakukan perbandingan harga di beberapa tempat belanja. Carilah tempat perbelanjaan yang memberikan harga lebih murah. Dengan begitu, dapat menekan pengeluaran Anda nantinya.

Tips lainnya adalah usahakan untuk tidak berbelanja karena menuruti keinginan semata. Hal ini akan memicu Anda untuk berperilaku impulsif dan berakhir dengan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

3. Jangan Gegabah dalam Belanja Barang Promo

Promosi atau diskon memang sangat menguntungkan. Sebab Anda bisa mendapatkan harga barang yang lebih murah. Namun, yang perlu Anda ketahui promosi-promosi seperti ini merupakan teknik pemasaran saja sehingga sebaiknya Anda berhati-hati dalam mengeluarkan uang. Jangan terjebak dengan tawaran promosi-promosi yang sebenarnya dapat merugikan Anda.

4. Gunakan Internet secara Hemat

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari penggunaan internet ini dapat melambungkan pengeluaran bulanan Anda. Untuk itulah, Anda dapat mencoba untuk menghemat paket data yang digunakan.

Anda dapat menggunakan paket data hanya untuk berkomunikasi ataupun browsing yang memiliki akses data rendah. Jika ingin menonton video, bermain game, atau lainnya yang membutuhkan data internet yang besar, Anda dapat menggunakan jaringan nirkabel yang ada di sekolah ataupun kantor.

5. Pilih-Pilih Kalau Berlangganan

Cobalah perhatikan biaya langganan yang Anda miliki. Mulai dari televisi, layanan streaming lagu, pusat kebugaran, dan lainnya. Jika memang merasa tidak terlalu dibutuhkan, akan lebih baik memberhentikan langganan tersebut sehingga dapat menghemat pengeluaran setiap bulannya.

6. Buat Rekening Alternatif

Jika memang tidak pintar berhemat dan mengelola keuangan, Anda dapat memulai membuat reening alternatif. Buatlah rekening yang memberikan penawaran biaya administrasi termurah dan biaya transfer yang hemat. Saat ini bermunculan inovasi digital layaknya rekening bank. Rata-rata inovasi-inovasi tersebut menawarkan keuntungan-keuntungan ekonomis.

7. Hindari Melakukan Pembelian Mendadak

Sebisa mungkin jangan lakukan pembelian mendadak, apalagi yang berada di luar dari pos pengeluaran Anda. Mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting adalah bentuk pemborosan. Jangan sampai Anda melakukan sesuatu yang dapat membuat Anda menyesal di kemudian hari.

8. Hindari Utang dan Coba Membayar Tunai

Penggunaan kartu kredit memang sangat memudahkan dalam setiap transaksi. Namun, jika tidak digunakan dengan bijak, akan menyebabkan pemborosan. Untuk itulah, sebisa mungkin kurangi penggunaan kartu kredit. Kalau memang memungkinkan untuk membayar tunai, alangkah baiknya tidak menggunakan kartu kredit.

9. Aplikasikan dalam Keseharian Gaya Hidup Sederhana

Salah satu hal yang menjadi penyebab munculnya gaya hidup konsumtf adalah adanya persiangan hidup, baik itu dengan teman maupun rekan kerja. Sebaiknya, hindari hal-hal yang seperti ini. Tanamkan dalam diri Anda jika persaingan gaya hidup tidak akan pernah habis dan akan selalu membuat hidup dalam pemborosan. Akan lebih baik untuk fokus pada diri sendiri dan mencoba untuk hidup yang lebih baik.

Cobalah untuk Konsisten

Berhemat bukanlah hal yang sulit jika Anda bisa menerapkannya secara konsisten. Mulai saat ini biasakan diri untuk selalu berperilaku hemat dan ekonomis secara teratur. Tahan keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak penting