Cari Masinis, MRT Jakarta Gandeng Dua Sekolah Ini

pt solid gold

Pengoperasian kereta mass rapid transit (MRT) akan didampingi masinis. Untuk merekrutnya, PT MRT Jakarta pun bekerja sama dengan dua sekolah.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Tubagus Hikmatullah mengatakan pihaknya bekerjasama dengan dua sekolah, yakni Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dan Akademi Perkeretaapiaan Indonesia (API) untuk merekrut masinis.

“Kalau untuk masinis kita merekrut dari STTD dan API. STTD itu sekolah tinggi transportasi darat di Bekasi itu di bawah Kemenhub dan API di Madiun,” kata Hikmat kepada detikFinanceJumat (6/4/2018).

Walaupun baru bekerja sama dengan dua sekolah, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk membuka seleksi secara umum ke depannya.

“Baru dua sekolah itu kerja sama tapi ada seleksinya. Yang kita rekrut itu yang kita lakukan dan untuk umum bisa jadi ke depan buka,” sambungnya.

Lebih lanjut, kata Hikmat sistem seleksi tersebut pada dasarnya sama seperti pada umumnya, yakni terdapat tes psikotes dan wawancara. Nantinya, setelah lulus dari tes calon masinis akan diberikan pelatihan kembali.

Pasalnya, menjadi masinis MRT berbeda dengan masinis pada umumnya. Sebab kereta MRT pada dasarnya dioperasikan oleh sinyal.

“Tapi nanti dibuat pelatihan buat mereka. Jadi fungsi masinis MRT itu berbeda yang biasa. Jadi (masinis MRT) ada memastikan saja dan menutup kereta memastikan maksudnya perjalanan kan dikontrol oleh posisi kontrol center,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan pihaknya akan mencari 70 masinis untuk ‘mengoperasikan’ kereta MRT.