Fitch Naikkan Peringkat Utang, Kemenkeu: Jadi Daya Tarik Investasi

pt solid gold

Hal itu diungkapkannya saat menjadi pembicara kunci dalam Forum Kebijakan Pembiayaan Proyek SBSN di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (22/12/2017).

“Baru kemarin Fitch menaikkan lagi rating Indonesia menjadi satu not di atas investment grade, ini merupakan soliditas investor terhadap ekonomi Indonesia,” kata Luky.

Lembaga pemeringkat Fitch Rating (Fitch) meningkatkan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia dari BBB-/Outlook Positif menjadi BBB/Outlook Stabil pada 20 Desember 2017.

“Kalau kami terbitkan SUN itu diharapkan mendorong lebih rendahnya cost of fund,” tambah dia.

Lanjut Luky, peningkatan rating utang RI yang diberikan oleh Fitch juga dikarenakan jerih payah pemerintah menjaga stabilitas makro ekonomi, moneter dan sektor riil dapat dilihat secara nyata.

“Itu semua jadi modal yang bagus buat kita hadapi 2018, terutama strategi pembiayaan kita seperti apa,” tukas dia.

Diketahui, Fitch menyatakan ada dua faktor kunci yang mendukung peningkatan rating utang Indonesia, yakni mulai menguatnya sektor eksternal yang didukung oleh kebijakan makroekonomi secara konsisten yang diarahkan untuk menjaga stabilitas.

Kedua, upaya sinergi pemerintah dalam reformasi struktural yang mampu meningkatkan iklim investasi, seperti tercermin dari meningkatkan peringkat Ease of Doing Business (EoDB). Hal ini juga didorong penguatan sektor eksternal Indonesia seiring dengan meningkatnya Foreign Direct Investment (FDI) yang diperkirakan dapat menutup defisit transaksi berjalan dalam beberapa tahun ke depan.