Investor Asing Kembali ke Pasar Obligasi, Rupiah Berpeluang Menguat

pt solid gold

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS Senin (2/4/2018), bergerak mixed.

Jakarta interbank spot dollar rate (Jisdor) berada di Rp 13.750 per dollar Amerika Serikat (AS). Kurs rupiah ini menguat jika dibandingkan dengan posisi Kamis (29/3/2018) pada Rp 13.756 per dollar AS.

Namun di pasar spot pukul 10.14 WIB, rupiah melemah ke Rp 13.754 per dollar AS. Rupiah melemah 0,19 persendibandingkan dengan posisi 30 Maret 2018 lalu pada Rp 13.728 per dollar AS.

Rupiah di pasar spot akhir pekan lalu tetap buka meski tanggal merah. Jika dibandingkan dengan penutupan pada 29 Maret, rupiah di pasar spot masih menguat 0,09 persen dari posisi Rp 13.766 per dollar AS.

Pergerakan rupiah yang mixed ini serupa dengan mata uang Asia. Di pasar spot, mata uang kawasan Asia pun seimbang, antara pelemahan dan penguatan. Beberapa mata uang yang melemah adalah rupee, rupiah, dollar Taiwan, yen, baht, dan yuan.

Indeks dollar hari ini cenderung melemah jika dibandingkan dengan akhir pekan lalu. Indeks yang mencerminkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia ini terkoreksi tipis ke 89,95 dari Jumat lalu di level 89,97.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Ahmad Mikail menyampaikan, dollar AS berpotensi bergerak terbatas terhadap sejumlah mata uang utama dunia lainnya setelah data unemployment rate di Jerman menunjukkan penguatan di atas ekspektasi.

“Tercatat unemployment rate Jerman stabil di kisaran 3,5 persen lebih rendah 0,05 persen dari ekspektasi,” sebut dia dalam riset hari ini.

Selain itu, data Personal Comsumption Expenditure (PCE) Index yang mengukur inflasi di AS pada bulan Februari menunjukkan pelemahan sebesar 0,2 persen secara bulanan.

Rupiah pun kemungkinan bergerak menguat hari ini seiring potensi kembalinya investor asing ke pasar obligasi Indonesia. Hal ini didukung oleh penurunan imbal hasil US Treasury yang sudah mulai bergerak di bawah level 2,8 persen.

Ahmad memprediksi, rupiah akan bergerak di rentang Rp 13.700—Rp 13.730 per dollar AS pada hari ini.