Jangan Takut Investasi Emas, 5 Keuntungan Ini Siap Menanti

pt solid gold

Pada zaman seperti sekarang ini banyak orang yang sudah berinvestasi yang cukup beragam jenisnya. Mulai dari investasi emas, reksadana sampai properti. Investasi-investasi semacam ini tentu menawarkan keuntungan dan kelebihan yang berbeda-beda. Ini terrgantung pada bagaimanan Anda mengelolanya.

Namun tak perlu khawatir, jika Anda seorang pemula yang baru terjun di dunia investasi. Sebab emas merupakan hal yang bisa Anda gunakan sebagai investasi awal. Sebab emas memiliki sejumlah keuntungan seperti berikut:

1. Harga Stabil

Inilah kelebihannya dari berinvestasi. Memang harga emas cenderung stabil, itu dikarenakan emas merupakan salah satu jenis investasi yang tidak terpengaruh oleh inflasi. Jadi Anda sebagai pemula tidak perlu cemas jika Anda akan merugi jika berinvestasi emas. Karena harganya jarang sekali turun, malah emas merupakan aset yang seringkali mengalami kenaikan harga.

2. Menguntungkan

Yang namanya melakukan investasi, pasti ada untung dan rugi. Namun jika Anda berinvestasi pada emas, maka investasi jenis ini akan menguntungkan, karena berfungsi sebagai lindung nilai (hedging) terhadap inflasi atau turunnya nilai uang dan diverisifikasi dari portofolio.

3. Investasi Jangka Panjang

Emas merupakan suatu jenis investasi jangka panjang, karena emas tidak membutuhkan modal yang besar seperti halnya property. Meski emas bisa disimpan dalam jangka waktu yang panjang, emas masih bisa dicairkan dengan proses yang terlalu makan waktu, sehingga mudah dan Anda sebagai pemilik akan bisa memeiliki dana segar secara cepat, tanpa perlu menunggu.

4. Rendah Risiko

Karena emas tidak terpengaruh dengan inflasi, maka investasi emas merupakan investasi yang rendah resikonya. Selain harganya stabil, emas pun buka investasi yang memiliki harga jual yang anjlok.

Emas merupakan investasi yang mudah dijual kembali, tidak perlu menunggu pembeli yang mau, Anda tinggal datang ke toko penjual emas. Dan Anda bisa menjualnya dengan mudah dan cepat. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan resiko-resiko yang terjadi pada investasi jenis lainnya.

5. Rendah Pajak

Emas yang memiliki harga stabil karena tak terpengaruh oleh inflasi, memiliki biaya pajak dan adminstratif yang lebih rendah ketimbang investasi lain yang mayoritas lebih rumit, atau bahkan lebih memakan biaya.

Nah, itulah 5 keuntungan jika Anda sebagai pemula ingin berinvestasi. Semoga bermanfaat.