Kelola Uang Tanpa Ribet? Begini Tipsnya

pt solid gold

Pernah merasakan gaji hanya lewat? Bahkan, habis sebelum waktunya gajian lagi? Hal ini menunjukkan adanya masalah dalam pengelolaan keuangan. Terlebih kalau fenomena ini terus-menerus terjadi, itu berarti ada hal yang salah ketika mengatur keuangan. Akibatnya, kondisi finansial menjadi berantakan karena kebiasaan tersebut.

Mengelola uang menjadi hal krusial yang wajib dilakukan setiap orang. Hal ini bertujuan agar segala kebutuhan dapat terpenuhi. Bahkan, pengelolaan keuangan yang tepat dapat membuat kondisi finansial membaik dan membuat Anda sejahtera di masa depan. Lalu, bagaimana tips atur keuangan yang pastinya tanpa ribet? Berikut ini ulasannya.

1. Prioritaskan Kebutuhan Primer

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dasar. Anda bisa melakukannya dengan membuat list mengenai kebutuhan-kebutuhan primer. Dengan begitu, Anda nantinya bisa fokus membelanjakan uang untuk kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan dan tidak membelanjakan uang di luar dari kebutuhan utama.

2. Buat Catatan Keuangan

Jangan lupa untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Dengan cara ini, Anda bisa mengecek setiap pengeluaran yang dilakukan. Dari sana, Anda dapat mengetahui jelas ke mana saja uang yang selama ini digunakan. Jika bisa, Anda bisa meminimalkan pengeluaran pada pos-pos kebutuhan yang kurang penting.

3. Putuskan sampai Berapa Besar Uang yang Ditabungkan

Menabung merupakan hal wajib yang perlu Anda lakukan. Adanya tabungan secara tidak langsung membuat kondisi keuangan stabil. Sebaiknya, terlebih dahulu putuskan sampai berapa besar uang yang ditabungkan. Dengan begitu, hal ini akan lebih mempermudah Anda dalam mengatur jumlah uang yang ingin ditabungkan setiap bulannya.

4. Miliki Rekening Khusus

Untuk membantu Anda menabung, alangkah baiknya membuat rekening khusus. Rekening pertama dapat Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, sedangkan rekening kedua dapat digunakan sebagai rekening untuk menyimpan dana tabungan.

Cara ini memang cukup efektif untuk menghindarkan risiko-risiko yang dapat menganggu kesehatan finansial. Untuk mempermudahnya, Anda dapat menggunakan sistem autodebet yang nantinya secara otomatis dapat mentransfer uang dari rekening utama ke rekening tabungan.

5. Persiapkan Dana Darurat

Jangan lupakan untuk menyisihkan pemasukan Anda untuk dana darurat. Dana darurat ini memiliki banyak fungsi. Ketika membutuhkan dana secara tiba-tiba dan dalam jumlah yang tidak sedikit, Anda bisa menggunakan dana darurat ini. Tentu saja dana ini harus dipisahkan dengan tabungan Anda.

6. Dapatkan Penghasilan Tambahan

Cara ini memang cukup efektif untuk menjaga kesehatan finansial, terutama bagi Anda yang memang masih memiliki waktu. Mengapa tidak mencoba untuk memanfaatkan kosongnya waktu tersebut untuk menghasilkan keuntungan? Yang terpenting adalah jangan sampai menggangu pekerjaan utama Anda.

Ada banyak pekerjaan untuk dapatkan penghasilan tambahan. Carilah dari hobi atau kesukaan Anda. Hal ini akan lebih memudahkan. Misalnya, jika Anda hobi desain, mengapa tidak mencoba untuk menjadi freelance designer? Dengan begitu, Anda bisa mengatur sendiri waktu pekerjaan sampingan tanpa bersinggungan dengan pekerjaan utama.

7. Berinvestasi

Berinvestasi merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk melipatgandakan uang. Tentu saja hal ini harus Anda lakukan dengan hati-hati dan teliti sehingga tidak membuat Anda merugi ke depannya. Sebelum Anda terjun ke dunia investasi, pastikan jika Anda memahami jenis investasi yang akan dilakukan. Pelajari bagaimana pola investasi, risiko-risiko yang dapat terjadi, bagaimana cara mendapatkan keuntungan dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan investasi tersebut.

Cobalah Pahami Batasan Anda

Setiap orang tentu saja memiliki batasan dan Anda harus memahami sendiri bagiamana batasan tersebut. Mungkin Anda memiliki banyak tujuan dalam hidup. Namun, kalau Anda tidak dapat fokus, dipastikan membuat hidup menjadi berantakan dan hal ini akan berpengaruh pada kondisi keuangan. Untuk itu, penting menentukan tujuan keuangan Anda dan mencoba fokus untuk mencapainya.