Lakukan 3 Hal Ini sebagai Antisipasi Pengeluaran Mendadak

pt solid gold

Selain dana darurat, dana tak terduga menjadi salah satu rincian yang wajib masuk ke dalam anggaran bulanan. Dikutip dari Swara Tunaiku, pos ini akan berguna saat seseorang harus mengeluarkan anggaran atas peristiwa tak terduga yang dialaminya. Misalnya, jatuh sakit, kecelakaan, tidak sengaja merusak laptop milik rekan atau memecahkan barang pajangan di mal.

Toh meski keberatan, Anda harus tetap membayar ganti rugi. Biasanya, saat dihadapkan pada situasi seperti ini, banyak orang terlalu panik dan cemas. Agar kecemasan berkurang saat harus mengeluarkan anggaran tak terduga yang dimiliki, berikut tips mengatasinya, seperti dikutip Sabtu (31/3/2018):

1. Tetap Tenang

Wajar kalau seseorang akan mengalami ketakutan dan rasa cemas yang berlebihan saat mendapat masalah. Apalagi, kalau sudah menyangkut uang dengan jumlah yang tidak sedikit.

Namun, sebenarnya takut dan cemas hanya akan memperburuk masalah. Bagaimanapun rasa takut dan cemas akan mendorongmu membuat keputusan yang kurang bijak.

Cobalah untuk tetap tenang dan berpikir positif saat menghadapi masalah. Pertama-tama, duduklah dulu dengan tenang, lalu tahan emosi dan kekesalan. Dengan begitu, Anda akan dapat berpikir lebih jernih dan dapat mengambil keputusan terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

2. Berpikir Realistis

Biasanya, Anda akan sulit berpikir realistis ketika menghadapi hal buruk. Namun, berpikir realistis masih bisa dilakukan dengan tetap tenang dan tidak banyak berasumsi atas apa yang tengah terjadi.

Setelahnya, kumpulkan fakta-fakta dan fokus pada jumlah kerugian yang akan dihadapi. Catatlah pertanyaan-pertanyaan yang menghantui Anda, lalu cari jawabannya untuk menemukan solusi yang terbaik.

Berikut beberapa daftar pertanyaan yang perlu diperhatikan:

– Apakah harus sesegera mungkin diperbaiki dan diselesaikan?

– Apa bisa ditunda pembayarannya?

– Seberapa banyak biaya yang harus dikeluarkan?

– Apakah pembayarannya bisa dicicil?

– Apakah barang yang rusak dapat diperbaiki atau harus beli yang baru?

– Apakah bisa klaim asuransi?

Dengan membuat daftar pertanyaan pembantu seperti di atas, Anda akan lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan satu per satu secara lebih terorganisasi.

3. Selalu Kreatif dalam Berpikir

Menjadi kreatif di setiap waktu sangat dibutuhkan. Termasuk, ketika sedang dalam masalah keuangan seperti ini. Setelah mendapatkan fakta dari pertanyaan pembantu di atas, langkah selanjutnya adalah berpikir lebih kreatif lagi untuk mencari jalan keluar cemerlang yang bisa Anda tempuh.

Berpikir dan memilih solusi terbaik akan memerlukan sedikit waktu. Jadi, pikirkanlah kembali secara lebih matang. Alih-alih mengganti handphone baru, Anda bisa memikirkan solusi lain. Misalnya, dengan memperbaiki atau meminjam ke saudara yang punya lebih dari satu handphone. Cara lain, bisa menjual barang dagangan agar keuntungannya bisa menjadi “modal” untuk membeli handphone baru.

Sebeneranya, kalau bisa berpikir lebih kreatif saat tertimpa masalah, seseorang akan memiliki banyak solusi untuk menyelesaikannya. Meski pengeluaran tak terduga memang tidak bisa terelakan, setidaknya pengeluaran tersebut bisa diminimalkan dengan tidak menambah masalah menjadi jauh lebih buruk lagi dan menemukan solusi terbaik yang bisa ditempuh.