PT Solid Gold – Ada Gangguan ATM, Operasional Perbankan Harus Tetap Lancar

pt solid gold

PT Solid Gold – Mesin-mesin anjungan tunai mandiri ( ATM) beberapa bank mengalami gangguan layanan sejak akhir pekan lalu. Permasalahan tersebut disebabkan adanya gangguan pada satelit Telkom-1.

Terkait hal tersebut, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia ( BI) Mirza Adityaswara menyatakan, pihaknya sebagai otoritas sistem pembayaran telah menerima laporan terkait gangguan pada satelit yang kemudian mengganggu jaringan ATM beberapa bank.

Namun, ia menegaskan bahwa yang mengalami gangguan bukan ATM semua bank, namun hanya sebagian dari jaringan ATM.

Selain itu, Mirza mengakui bahwa bank-bank yang terkena dampak sudah melakukan koordinasi dengan BI. Akan tetapi, BI juga menyatakan operasional bank-bank tersebut harus tetap lancar.

“Tentu kami sudah mendapat laporan, dan bank-bank juga sudah berkoordinasi dengan kita dan kami sebagai otoritas pembayaran, kami memastikan bahwa bank-bank melakukan operasinya harus tetap lancar. ATM yang mengalami gangguan harus segera dipindahkan jalurnya,” ujar Mirza di Yogyakarta, Minggu (27/8/2017).

Mirza menuturkan, BI akan memastikan bahwa sistem pembayaran akan tetap terjaga dan aman.

Pihak Telkom, ujar Mirza, pun sudah melakukan upaya maksimal untuk memindahjan jalurnya ke satelit yang baru.

Adapun untuk kebutuhan uang tunai, Mirza menyatakan tidak ada masalah sama sekali. Selain itu, ia pun menyatakan hanya sebagian ATM yang terkena dampak gangguan hanya sebagian ATM.

Gangguan pada ATM tersebut terjadi sejak Jumat (25/8/2017) lalu. Beberapa mesin ATM bank yang terkena dampak antara lain PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Central Asia Tbk.