Rencana UU Pajak Amerika Buat Dolar AS Menguat Lagi

pt solid gold

Dolar Amerika Serikat (AS) mengalami penguatan moderat terhadap euro dan yen, setelah mendapat kenaikan dari upaya reformasi pajak di Amerika. Diharapkan UU Pajak tersebut dapat terealisasikan minggu ini.

Dolar AS menguat setelah anggota Partai Republik di komite perunding Senat DPR memberikan sentuhan akhir mengenai perombakan pajak menyeluruh, yang melibatkan pemotongan pajak perusahaan besar.

Partai Republik yakin Kongres akan mengeluarkan undang-undang pajak minggu ini, dan Presiden Donald Trump akan menandatangani undang-undang tersebut pada akhir minggu ini.

Meski demikian, Keuntungan dolar AS terbatas karena investor mengadopsi pendekatan wait and see sampai kesepakatan ditutup. Dolar AS menguat 0,1% menjadi 112,750 yen, sementara indeks dolar AS terhadap sekeranjang enam mata uang utama menguat 0,1% menjadi 94.007.

Euro memperpanjang kerugian moderat dan turun 0,05% menjadi USD1,1744. Pada akhir pekan kemarin, Demokrat Sosial Jerman (SPD) sepakat untuk membuka pembicaraan eksplorasi mengenai pembentukan sebuah pemerintahan dengan Kanselir Angela Merkel, memberikan kesempatan untuk mengakhiri masa buntu politik yang langka dalam ekonomi terbesar di Eropa.

Euro tidak mendapat banyak dukungan, meskipun pembicaraan antara partai-partai Jerman diharapkan dimulai dengan sungguh-sungguh hingga Januari. Pound tetap defensif, setelah melemah sekira 1% terhadap dolar AS karena aksi ambil untung, setelah berita bahwa negosiasi Brexit akan berlanjut ke putaran kedua pada bulan Januari.